Pendidikan Untuk Kemajuan Bangsa

Selamat Datang! Blog ini sebagai media komunikasi online bagi komunitas yang peduli terhadap Pendidikan di Samarinda.

Tentang Dapodik Kota Samarinda

DATA adalah sumber daya yang sangat penting sebagai bahan pengambilan keputusan pimpinan dalam menentukan kebijakan, perencanaan hingga pelaksanaan suatu program kerja yang tepat sasaran, terukur dan berkelanjutan untuk saat ini maupun masa depan.

Dinas Pendidikan Kota Samarinda sangat menyadari akan kebutuhan ketersediaan DATA yang valid, akurat, dan uptodate sebagai bahan pengambilan keputusan, perencanaan, dan pelaksanaan pendidikan yang tepat, terukur, dan berkelanjutan. Hal ini menjadi sangat penting seiring dengan perkembangan/ pertumbuhan jumlah siswa, dan sekolah serta PTK di dunia pendidikan dengan berbagai kompleksitas pengelolaannya.

Beragam daya dan upaya telah dilakukan oleh Dinas Pendidikan Kota Samarinda untuk mengumpulkan, mengolah, dan menyajikan DATA POKOK PENDIDIKAN atau DATA-DATA PENDIDIKAN lainya yang lebih valid, akurat, dan uptodate riwayatnya dari tahun ke tahun. Pengembangan dan inovasi-inovasi baik secara sistem, metode, dan mekanisme dalam pengumpulan, pengelolaan, dan penyajian data tiada henti dilakukan dan disempurnakan seiring dengan perkembangan teknologi yang terjadi.

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sangat berpengaruh besar terhadap pemutakhiran sistem pengelolaan data dan informasi saat ini. Seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi tersebut, Dinas Pendidikan Kota Samarinda mengembangkan sistem dan mekanisme baru dalam mengumpulkan, mengolah, dan menyajikan data-data pendidikan, yaitu dengan SISTEM ONLINE REAL TIME. Hal ini dapat dilakukan karena ditunjang dengan ketersediaan infrastruktur JEJARING PENDIDIKAN NASIONAL (JARDIKNAS) yang telah menghubungkan secara ONLINE ke seluruh institusi pendidikan di Samarinda.

Sistem terbaru yang dimaksud adalah sistem DAPODIK ONLINE (Data Pokok Pendidikan ONLINE). Sistem ini merupakan paradigma baru dalam perkembangan pengelolaan data di DINAS PENDIDIKAN KOTA SAMARINDA, yaitu menggunakan sistem Online Real Time untuk mengelola riwayat data pokok pendidikan di Samarinda, yaitu mulai dari siswa, sekolah, dan PTK.

Pengelolaan riwayat data secara MIKRO yang dimaksud adalah metode dan mekanisme pengumpulan/ pelaporan riwayat data yang kontinyu dan terpadu (terintegrasi), antara lain : Nama Siswa, Nama Sekolah hingga Nama PTK termasuk detil atribut lain yang menyertainya, seperti : jenis kelamin, tempat/ tanggal lahir, alamat, jenjang, sarana prasarana, prestasi akademik siswa/ PTK, dsb. Seluruh riwayat data tersebut dikelola dan dikirim oleh institusi yang berwenang secara ONLINE REAL TIME ke pusat database DAPODIK di DEPDIKNAS PUSAT melalui JARDIKNAS.

Untuk menjaga konsistensi dan validasi riwayat data, maka setiap unit data terkecil yang diolah oleh sistem database DAPODIK diberikan identitas tertentu yang bersifat tunggal dan unik. Identitas tersebut diwujudkan dalam bentuk penomoran khusus bagi setiap siswa, sekolah, dan PTK yang bersifat unik serta berlaku secara nasional/ seumur hidup.

Identitas yang dimaksud adalah suatu kode penomoran yang bersifat tunggal, unik, dan berlaku seumur hidup bagi setiap siswa yang disebut dengan NISN, bagi sekolah yang disebut dengan NPSN, dan PTK yang disebut dengan NUPTK.

Dengan ketersediaan riwayat data-data siswa, sekolah, serta PTK yang terjamin validasi, kontinyu, dan konsistennya tersebut maka kebutuhan akan ketersediaan data pendidikan yang valid, akurat, dan uptodate sebagai bahan pengambilan keputusan, perencanaan, dan pelaksanaan program pendidikan yang tepat, terukur, dan berkelanjutan dapat segera diwujudkan dengan optimis.
Operator Dapodik Kota Samarinda

1 komentar:

Unknown mengatakan...

dengan adanya dapodik baik untuk mengikuti komonikasi secara on line tapi masih sefihak yang sudah dapat mengukiti alat yang canggih ini